Kamis, 25 April 2013

KEMBALI NORMAL

Setelah beberapa ratus jam, puluhan ribu menit, puluhan juta detik...

Siapa tahan hidup dalam ketidakpastian, kegamangan yang sebenarnya tercipta sendiri karena kadang manusia memang tak sadar apa yang 'benar' diinginkannya. Kondisi dimana diri sendiri bahkan tak sudi untuk diselami dan dikenal baik sebagai teman akal sehat yang masih tersisa. Hahaha
Ada kalanya memang perasaan sejenis itu muncul karena dalam menyadari sebuah keinginan, tidak terjadi sinkronisasi yang bersinergi antara hati, akal sehat, dan daya. Dimana hanya ada prestasi sebatas 'tahu' apa yang menjadi keinginanmu. Sementara tarik ulur antara idealisme dan realisme terus bergemuruh menyesak hati dan pikiran.
Aku merasakannya belakangan ini. Aku tahu apa yang menjadi kehendak hatiku. Tapi aku ragu. Maksud hati dan akal sehat bersama rasionalitas beradu. Tidak setuju.
Namun sekarang setelah aku belajar dari segala ketidakpastian yang bersedia untuk lebih bersahabat, aku tahu aku banyak belajar dari sebuah perasaan yang tidak dapat dengan akurat dipastikan penjelasan pertanggungjawabannya. Seingatku, ini bisa menjadi arena baru untuk belajar tentang perbedaan. Dari perbedaan yang membebani, aku mendengar sebagian hatiku meyetujui kalimat; "Bagaimana mungkin sebuah kapal dengan dua nahkoda yang sama-sama memegang kendali?"
Kemudian sebagian kebebalanku bepihak pada kalimat sejenis "Impossible is nothin. Kalo memang kamu niat, dijalanin aja dulu. Pasti bakal ada jalannya nanti"
Terlepas dari konflik pribadi tentang sebuah perbedaan, bahwa perasaan ini memang melibatkan banyak pertimbangan untuk aku berani mengembangkannya menjadi perasaan yang lebih serius. Ternyata ada juga pribadi lain yang menginginkan dia, Triton. Kita berteman akrab. Bersyukurlah aku karena sesungguhnya mereka lebih cocok. Aku lebih punya alasan masuk akal dan nyata untuk mengendalikan perasaan ini. Perasaan konyol dan tolol ini. Pada akhirnya, kerumitan dari semua ini berekskalasi menjadi kegusaran karena tetap saja ini adalah tentang ketidakpastian. Bukan pada siapa-siapa. Ini tentang aku, diriku sendiri, dan keberanianku. Bodoh. Sejak kapan aku masuk ke dalam front manusia-manusia yang dengan berani secara nyata memperjuangkan perasaannya? Sejak kapan aku menjadi pribadi yang semasuk akal itu?
Cukuplah tahu, Ini adalah tentang aku dan keabsurdan. Aku hanya punya rasa, tanpa keberanian. Aku hanya punya rasa, tanpa rasionalitas. Hanya sesedarhana aku, triton, dan apa mauku (sebenarnya). Tapi lagi-lagi. Aku bahkan tidak tahu mauku atas semua ini. Dan, lagi-lagi aku merasa harus tahu diri atas perbedaan antara kenyataan dan seharusnya.
Di antara aku dan raguku, ada kesadaran bahwa aku sedang tidak menjadi diri sendiri untuk keinginan ini. Memulai SEGALA SESUATU lebih dulu- bukan aku. Selalu mencari lebih dulu- bukan aku. BUKAN AKU! Aku rasa, aku berhak menjadi diri sendiri untuk mendapatkan apa yang aku inginkan :) Bukan menjadi orang lain sebagai legitimasi dari usaha untuk mencapai keinginan. Uniknya, sejauh ini aku berterimakasih untuk mengenalkanku pada dunia menyenangkan yang sebelumnya belum pernah kutemukan di kotak kehidupan siapapun.
Triton, Hypnos, Erebus, dan Nyx. Bahwa ada juga pribadi yang memilih Athena daripada Aphrodite, dan berharap Poseidon melindunginya :)
Nice to meet you...

Aku sendiri masih tidak sepenuhnya tahu, juga tidak sepenuhnya ingin menyadari bahwa sudah saatnya wacana tentang keinginan ini ditegaskan. Bahwa memang seharusnya hanya ada rasa mengagumi buatmu. Tidak lebih dari itu. Seharusnya. Ya,seharusnya. Semoga "dia" yang kamu maksud di kalimat "wait till she reads this tomorrow morning... " adalah memang manusia yang semakin membuatku sadar bahwa ini hanya sebatas keinginan konyol yang mengabaikan sejuta alarm yang sejauh ini sudah memperingatkanku tentang perbedaan itu, tentang persahabatan yang lebih berharga, tentang menjadi diri sendiri dalam upaya memperoleh sesuatu dan tentang rasionalitas! Semoga.
But somehow, very nice to meet you, T! 

Karena aku telah tahu "dia" yang di hidupmu. Aku berharap hiduku, cara pandang dan lakuku bisa kembali normal. Sedikit lebih waras setidaknya. :)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar