Senin, 15 April 2013

Ora et Labora

Hahaha rasanya udah kek ritual aja ya menggalau di malam hari, pas lagi di medan tempur melawan assignments kingdom ini pula. What a life!
Tugas membandel tiada habisnya. Jadi walaupun udah fighting sampe titik mental penghabisan, rasanya tetep kayak belum ngapai2in. Hahaha *cakar dosen*
Oke. Semangat. :)
Ngomong-ngomong soal semangat, aku jadi keinget sama masa kecilku dulu. Ya, meskipun lebih banyakan malu-maluinnya ketimbang kenangan sikap manis yang patut diingat, tapi aku bersyukur punya masa kecil yang... unik. Haha
Masih inget sama trik legendaris dari papa mama tiap aku pengen punya sesuatu, mereka pasti selalu tanya, "Emang mbak udah minta sama Tuhan?" Hahaha, sampe pernah waktu itu aku bilang, "Mama, aku bosen udah berdoa minta HP xxx (SENSOR!) nggak dikasih2 sama Tuhan". Nggak lama setelah aku ngajuin komplain durhaka macam itu, beberapa hari kemudian mama sama papa beliin itu HP. Manis!
Tapi kemudian, semakin kesini, aku semakin menyadari bahwa mereka mendidikku dengan cara yang begitu luar biasa hebat. Mereka pengen aku tau kalo semua yang terjadi dalam hidupku, cita2, mimpi dan pengharapanku, nggak ada satupun yang luput dari rencana dan acc dari Tuhan. Dan sekedar curcol aja, di masa kecilku, aku juga jadi matre sama Tuhan sejak aku tau dari mama kalo Tuhan tidak akan pernah mengecewakan anak-anakNya (yang mengasihiNya). Aku jadi nggak punya sungkan minta ini itu. hahaha
Tapi kemudian mereka juga mengajarkanku bahwa Tuhan hanya akan memberi apa yang terbaik buat anakNya. Aku belajar dari kejadian pas aku ngotot pengen belajar naik (BACA: mengendarai) motor, sementara aku sebenernya nggak pernah punya niatan buat akrab sama motor karena takut jatuh! Kayaknya aku besar di tengah2 era banyak kejadian kecelakaan yang bikin ngeri. Oke, walhasil pas aku maksain ngendarain motor (dengan hanya berbekal latian 3 kali puter lapangan super mulus bebas hambatan), aku jatuh di jalanan sekitar rumah. Nggak tahu kenapa, aku nggak pengen nyalahin siapa2, aku jadi tahu kalo itu salahku sendiri (yaiyalahhh!). Meskipun aku ngotot dan (ke)PEDE(an) karena awalnya yakin Tuhan bakal kasih aku kemampuan buat bisa mengendarai motor tanpa perlu ribet latihan muterin daratan berbatu. Faktanya, aku jatuh juga. Pertama, aku melangkah dengan iman tanpa perbuatan. Aku berani tapi aku nggak mau latian serius dan niat. Wajar kalo aku jatuh. Nah, dari situ juga aku inget kalo aku mulai kenal sama yang namanya "yakin bisa". Dua kata itu seolah pasal wajib yang ngeyakinin aku atas sinkronisasi antara usaha dan persetujuan dari Tuhan. Karena udah klise banget kalo manusia itu udah usaha, tapi masih bisa gagal, ya bisa aja karena faktor acc Tuhan diabaikan. Sebaliknya juga. Meskipun persetujuan kehendak Tuhan itu sifatnya mutlak dan bisa diberikan tanpa syarat, tapi ya tetep aja namanya tebel muka kalo pengen nerima berkat dan anugerah tapi nggak mau usaha. Ibaratnya, besok ada ujian, trus malem ini tidur dengan beriman bahwa "yaudah, serahkan semua sama Tuhan" atau bahasa gombalnya ke Tuhan gini kira2, "Tuhan kan baik, pasti Dia menolong. Aku berserah. Good night". hahaha iyasih, mungkin2 aja kalo Tuhan memang kasih nilai A+ untuk ujian itu. Bukannya nggak mungkin karena memang anugerah Tuhan itu cuma-cuma dan unlimited bebas xplore, tapi gimana ceritanya kalo tanpa usaha masih punya muka buat bilang "yaudah, serahin semuanya ke Tuhan".
Hell-ooo, apa yang mau diserahin kalo usahanya aja nggak ada! hahaha
Bukannya nggak percaya kalo Tuhan sanggup beri anugerah gratisss tiss tiss sih, toh di dunia ini juga masih ada kata yang terdiri dari susunan huruf m, u, j, i, z, a, dan t, kok. Mujizat masih eksis di dunia ini, dan itu gratis. Tapi ya kira-kira, tau dirilah :) Semakin dewasa seseorang, dia akan semakin tau kalo dia bukan lagi entitas yang cuma bisa minta, trus komplain dan ngambek ketika nggak dikasih. Semakin bertumbuh pemahaman seseorang tentang dunia, dia akan peka bahwa untuk mendapatkan sesuatu dalam hidup membutuhkan usaha. Terlepas dari kehendak Tuhan sebagai acc tertinggi dalam setiap kejadian hidup manusia, tetep harus ada usaha yang dilakukan. Kenapa cuma pasrah dan berserah selagi masih bisa usaha? Kalopun itu memang 'jatah' kita, nggak ada salahnya kalo kita juga berusaha meskipun tanpa berusaha juga bakalan tetep jadi milik kita.
Ora et Labora itu indah coy~ SEMANGAT YAA!! :3




Tidak ada komentar:

Posting Komentar